Fiqih Fitnah

Pada hari ini kita berada dalam kancah peperangan melawan fitnah yang sangat besar. Fitnah yang bagaikan potongan malam kelam, fitnah yang menghantam manusia seperti ombak yang besar, fitnah khurūj, fitnah takfīr, tabdī‘, dan tafsīq, fitnah saling meng-hajr (memboikot), dan fitnah-fitnah besar lainnya yang jika seorang terjerumus ke dalamnya dan tergelincir kakinya maka akan rusaklah kehidupannya, keruhlah kenikmatannya, gelaplah hatinya, dan merasa sempit dengan manusia.

Begitu banyak ayat-ayat al-Qur’ān dan hadits-hadits Nabi صلى الله عليه وسلم yang memperingatkan kita dari fitnah, demikian juga tidak sedikit dari para ulama menulis buku khusus atau meletakkan bab khusus dalam buku-buku mereka yang menjelaskan perkara fitnah baik dari sisi makna atau bentuk dan gambarannya atau sikap-sikap yang mesti diambil pada saat menghadapi fitnah.

Klik disini untuk mengetahui tentang pokok-pokok “fiqih fitnah” yang harus dipahami dan diamalkan oleh setiap mukmin agar menjadi lentera yang menerangi dari kegelapan-kegelapan fitnah.

Copyright 2017 PONDOK PESANTREN AL FURQON AL ISLAMI - All Rights Reserved